Gadai Emas

Gadai Emas

Gadai Emas
Gadai Emas

Didalam kehidupan pasti terdapat banyak masalah yang terjadi secara tidak terduga. Nah yang namanya masalah pasti ujung – ujungnya nyelesainnya dengan uang. Apalagi di zaman sekarang semua masalah bisa diselesaikan menggunkan uang. Uang bisa dibilang sumber masalah terbesar yang terjadi di dunia. Mengapa ? karena kebanyakan masalah timbul gara – gara uang, dan ujung – ujungnya nyelesainnya juga dengan uang.

Maka dari itu, di dalam hidup kita perlu simpanan. Simpanan tidak hanya harus berupa uang. Simpanan juga bisa berbentuk barang – barang berharga. Salah satu contoh dari barang – barang berharga adalah emas. Selain mudah dijual, emas juga memiliki harga jual yang tinggi. Jadi setidaknya emas bisa dijadikan simpanan yang bisa kita anggarkan apabila sewaktu – waktu terjadi masalah.

Kita kembali lagi ke masalah. Coba perhatikan keseringan masalah datang disaat kita tidak memegang uang sama sekali. Benar tidak ? ya pasti benar, karena itu adalah konflik yang biasa kita hadapi sehari – hari. Lalu bagaimana jika ada masalah datang disaat kita tidak memiliki uang sama sekali ? Bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut ? tenang, sekarang anda tidak perlu khawatir. Karena sekarang sudah ada yang namanya pegadaian. Pegadaian bisa menjadi salah satu solusi disaat kita membutuhkan dana yang cepat dalam situasi yang gawat darurat.

Lalu bagaimana cara gadai emas di pegadaian ? caranya gampang. Anda cukup memenuhi syarat – syarat berikut ini :

  1. Datang ke pegadaian

 

Langkah awal yang harus anda lakukan untuk gadai emas adalah dengan cara datang ke pegadaian terdekat dengan membawa identitas diri seperti KK, KTP ataupun Paspor. Dan membawa emas yang ingin anda gadaikan beserta surat – suratnya. Suratnya bisa berupa sertifikat jika emas tersebut adalah emas LM Antam. Bisa juga surat nota pembelian jika emas tersebut berupa perhiasan.

 

  1. Melengkapi syarat – syarat pegadaian

Di pegadaian biasanya anda akan disuruh melengkapi syarat – syarat pegadaian seperti melengkapi identitas diri anda. Kemudian setelah itu anda akan dijelaskan mengenai ketentuan pegadaian. Biasanya emas anda akan ditafsir harganya. Kemudian pegadaian hanya memberikan 85 % dari harga emas anda. Misalnya harga emas anda ditafsir 1 juta oleh pegadaian, maka anda hanya bisa mengambil uang sebesar Rp 850.000 saja dari harga emas anda tersebut.

 

  1. Memahami Segala Biaya Pegadaian

 

Setelah pegadaian menafsir berapa harga emas anda. Maka setelah itu anda akan dijelaskan mengenai biaya yang harus dibayar dengan Pegadaian tersebut. Yang termasuk biaya pegadaian misalnya :

 

  • Biaya Gadai

Misalnya anda menggadaikan emas anda selama 10 hari. Maka akan dikenakan biaya gadai selama 10 hari tersebut. Untuk hari pertama sampai hari ke 10 biaya gadainya masih sama. Tetapi jika diatas 10 hari biaya gadainya akan beda lagi.

 

  • Biaya Administrasi

Biaya administrasi ini biasanya tergantung pada besarnya pinjaman yang anda ambil. Dan terdapat spesifikasi dari biaya administrasi ini. seperti :

  • Pinjaman mulai dari 100 ribu – 5 juta maka biaya administrasinya 15 ribu.
  • Pinjaman mulai dari 5 juta – 10 juta maka biaya administrasinya 25 ribu.
  • Pinjaman mulai dari 10 juta – 20 juta maka biaya administrasinya 40 ribu.

Jadi biaya administrasi ini tidak menentu nilainya. Tergantung dari besarnya pinjaman yang anda ambil.

  • Biaya Penitipan

Untuk masalah biaya penitipan ini ketentuannya sama dengan biaya administrasi. Biaya penitipan ini bisa tidak menentu. Tergantung dari seberapa besar pinjaman yang anda ambil.

  1. Memperhatikan Masa Gadai

 

Di dalam pegadaian biasanya terdapat yang namanya masa gadai. Jadi anda harus memperhatikan masa gadai tersebut. Apabila kira – kira anda belum bisa melunasi biaya pegadaian anda dengan tepat waktu, maka anda bisa memperpanjang masa gadai anda. Hal ini baik dilakukan sebelum masa gadai anda jatuh tempo. Apabila masa gadai anda sudah jatuh tempo tetapi anda belum bisa melunasi sisa pinjaman anda maka akan sangat disayangkan sekali emas anda akan di lelang oleh pegadaian tersebut. Lalu bagaimana cara memperpanjang masa gadai ? Caranya gampang. Anda cukup mengikuti ketentuan pegadaian tersebut.

Bisakah menggadai emas tanpa surat di Pegadaian ? 

Nah mungkin banyak diantara anda yang bertanya – tanya mengenai bisakan menggadai emas tanpa surat. Jawabannya cukup simple dan saya rasa anda juga mengetahui jawabannya. Pegadaian adalah tempat peminjaman dana yang cepat. Maka dari itu dengan mudahnya pegadaian tersebut memberikan dana kepada anda tentunya dengan satu syarat. Syarat yang paling utama adalah jaminan. Pegadaian memerlukan jaminan dari uang yang dipinjamkannya ke anda. Dan pegadaian juga tidak mau menerima jaminan yang bermasalah ataupun tidak jelas asal usulnya. Maka dari itu perlu dilampirkan surat dari emas yang anda gadaikan. Jenis suratnya sama seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Misalnya emas anda emas LM maka lampirkanlah pula suratnya yang berbentuk sertifikat. Tetapi jika emas anda berupa perhiasan, maka lampirkan juga suratnya yang berupa nota pembelian dari emas tersebut. Dengan begitu, pegadaian akan percaya dengan adanya bukti jaminan yang anda berikan. Jadi kesimpulannya adalah anda tidak bisa menggadai emas tanpa surat ke pegadaian. Karena pegadaian tidak mau menerima emas yang bermasalah dan tidak jelas asal usulnya.

Keuntungan menggadai daripada menjual emas :

  1. Emas anda akan aman

Salah satu keuntungan menggadai emas daripada menjual emas adalah yang pertama emas anda akan aman. Karena pegadaian tersebut akan menyimpan emas anda dengan sebaik – baiknya selama anda mampu melunasi segala pinjaman yang anda ambil di pegadaian tersebut. Lengkap beserta bunganya dan biaya administrasi lainnya.

 

  1. Emas anda kembali

Keuntungan lainnya adalah emas anda bisa kembali lagi setelah anda menebusnya di pegadaian. Bayangkan jika anda menjual emas anda. Belum tentu anda bisa membeli lagi emas tersebut. Apalagi misalnya emas tersebut berupa perhiasan yang menjadi salah satu perhiasan kesayangan anda. Belum tentu setelah anda menjualnya dan beberapa minggu kemudian anda bisa membeli perhiasan yang sama dengan yang anda jual. Jadi dengan menggadai itu jauh lebih menguntungkan daripada menjual.

 

  1. Tidak ada potongan Upah

Di pegadaian anda tidak akan mengalami yang namanya potongan upah per gram. Jadi tentunya harga emas anda akan utuh seperti saat anda membelinya. Coba anda menjualnya. Maka emas anda akan dipotong sebanyak mana gramnya. Maka uang yang anda terima tidak sesuai dengan harga sebelum anda membelinya. Jadi lebih untung mana ? menggadai atau menjual ? kalau menurut saya lebih untuk menggadai emas di pegadaian.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Gadai Emas. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

 

 

 

Related Post to Gadai Emas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *