Contoh Saham Biasa Dan Saham Preferen

Sebelum kita memasukin contoh saham biasa dan saham preferen sebaiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian saham tersebut.

Saham merupakan sebuah surat-surat keterangan atau sertefikat sebagai tanda bukti kepemilikan aset dari sebuah perusahaan. Setiap saham memiliki harga yang berbeda bergantung jenis saham yang kita miliki.

Secara umum saham terbagi menjadi 2 bagian yaitu:

  1. Saham Biasa

Saham biasa merupakan surat-surat keterangan atau sertefikat sebagai tanda bukti kepemilikan aset dari sebuah perusahaan termasuk aspek-aspek penting dalam perusahaan tersebut.

Pemilik saham akan memperoleh haknya untuk mendapatkan sebagaian keuntungan tetap (deviden ) dari sebuah perusahaan.

Selain berhak menerima keuntungan dari perusahaan kita juga memiliki kewajiban untuk menanggung resiko kerugian yang kemungkinan dapat dialami perusahaan tersebut.

Contoh Saham Biasa
Contoh Saham Biasa

 

  1. Saham Preferen

Saham preferen merupakan sebuah surat atau sertefikat berharaga yang dijual oleh perusahaan dengan menunjukan nilai nominal pendapatan yang tetap dalam bentuk deviden yang akan diterima setiap kuartal (tiga bulan sekali).

Jika terjadi kerugian, pemiliki saham jenis ini akan menganggung minimal kerugian perusahaan tersebut. Namun hak penerimaan keuntungan juga tidak sebesar dengan saham biasa.

Contoh Saham Preferen
Contoh Saham Preferen
Contoh Saham Preferen
Contoh Saham Preferen

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Contoh Saham Biasa dan Saham Preferen. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, Terima kasih dan salam sukses.

Related Post to Contoh Saham Biasa Dan Saham Preferen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *