Apa itu Pasar Modal?

Kita sering kali mendengan kata pasar modal, baik dari dari televisi maupun akun sosial media. Namun banyak sekali orang yang tidak mengerti apakah arti dari pasar modal tersebut.

Maka dari itu saya akan berusaha menjelaskan secara rinci arti dan makna pasar modal.

 

Pengertian Pasar Modal

Pasar modal adalah sebuah perusahaan atau lembaga yang mengatur jual beli aset perusahaan.

 

Dapat di pahami bahwa pasar modal merupakan tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli aset perusahaan seperti saham, obligasi dan lain sebagainya.

 

Seperti namanya, tujuan utama pasar modal adalah mendapatkan tunjangan modal dengan cepat.

 

Dengan adanya pasar modal maka perusahaan yang membutuhkan modal tambahan dapat menerbitkan saham atau obligasi dan menjualnya dengan cepat di pasar modal.

 

JENIS PASAR MODAL

Jenis-jenis pasar modal Menurut Sunariyah, sebagai berikut:

  1. Primary Market (Pasar Perdana)

Pasar Perdana adalah sebuah keadaan dimana penawaran efek yang diterbitkan dilakukan sebelum diperjual belikan pada pasar sekunder

  1. Secondary Market (Pasar Sekunder)

Pasar Sekunder adalah sebuah pasar perdagangan saham yang sudah melewati pasar perdana. Jual beli saham di pasar ini dilakukan langsung di Bursa Efek Indonesia.

  1. Third Market (Pasar Ketiga)

Third Market adalah sebuah pasar perdagangan efek yang tidak memiliki pusat lokasi (floor trading).

Perdagangan di Third Market menyediakan informasi saham yang diperjual belikan seperti harga, jumlah dan perihal berkaitan dengan saham tersebut.

  1. Fourth Market (Pasar Keempat)

Pasar Keempat adalah sebuah pasar perdagangan saham tanpa pihak ketiga. Penjual dapat mengalihkan saham miliknya kepada pembeli tanpa harus melalui pihak ketiga atau perantara perdagangan efek.

Pada umumnya transaksi di pasar keempat ini dilakukan dalam jumlah yang lebih besar.

 

Pelaku Pasar Modal

1.Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

 

OJK adalah sebuah lembaga yang melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan yang ada di pasar modal di Indonesia.

Tugas utama OJK adalah menerbitkan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan kegiatan pasar modal.

Dan OJK juga melakukan pengawasan terhadapat peraturan yang sudah diterbitkan tersebut, jika ada salah satu perusahaan atau pihak yang melanggar peraturan yang sudah di tetapkan maka OJK akan memberikan sanksi sesuai  kesalahan yang dilakukan orang/perusahaan tersebut.

2. Bursa Efek Indonesia (BEI)

Bursa Efek Indonesia (BEI)
Bursa Efek Indonesia (BEI)

Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah sebuah lembaga yang menyediakan wadah/ tempat dalam pelaksaan kegiatan pasar modal.

Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya yang bergabung sehingga membentuk Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI juga sering disebut sebagai Lantai Bursa.

Jika sebelumnya OJK berperan sebagai penerbit dan pengawas peraturan maka BEI merupakan wadah/tempat pelaksanaan pasar modal

3. Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI)

Bursa Efek Indonesia (BEI)
Bursa Efek Indonesia (BEI)

Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) adalah sebuah lembaga yang yang bertugas menjamin penyelesaian transaksi di pasar modal.

KPEI menjamin setiap investor yang melakukan transaksi di pasar modal agar mereka tidak kehilangan investasinya karena hal-hal yang tidak diinginkan.

4. KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)

KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)
KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)

KSEI adalah sebuah Lembaga yang menyediakan jasa penyimpanan dan penyelesaian transaksi Efek di pasar modal. KSEI juga sering di sebut sebagai LPP(Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian).

Dengan adanya KSEI, kita dapat dengan mudah memonitoring saham-saham yang kita miliki di berbagai perusahaan.

 

5. Emiten

Emiten
Emiten

Emiten adalah sebuah perusahaan (negeri maupun swasta) yang menerbitkan efek di pasar modal, efek yang diterbitkan digunakan sebagai modal utama perusahaan tersebut.

Efek yang diterbitkan juga beragam, dapat berupa saham, obligasi, warrant dan lain sebagainya, bergantung pada perusahaan yang menerbitkan.

Setiap orang yang membeli efek tersebut berarti ia telah menjadi salah satu pemilik perusahaan yang menerbitkan efek.

Sekarang ini sudah banyak emiten yang bergabung di pasar modal, diantaranya:

  • ASTRA (kode di bursa ASII)
  • BCA (kode di bursa BBCA)
  • PT BUMI RESOURCES (kode di bursa BUMI). Dan ada banyak perusahaan besar lainnya.

6. Investor

Investor
Investor

Investor adalah orang yang memiliki uang untuk membeli efek, investor dapat dikatakan sebagai penanam modal.

Tidak hanyak menanamkan modal, para investor juga dapat menjual efek yang dimilikinya sesuai dengan harga pawaran efek tersebut.

Jika tahun 2015 kita membeli efek dengan harga Rp500.000/per efek, dan perusahaan mengalami kemajuan maka kita dapat menjual di atas harga beli dan memperoleh keuntungan.

Begitupun sebaliknya, jika perusahaan mengalami kemunduran tentu harga jual efek tersebut akan menurun dari harga sebelumnya.

Agar dapat membeli dan menjual efek, kita harus memiliki rekening efek di pasar modal terlebih dahulu. Kita dapat mendaftarkan diri melalui broker/pialang (dapat berupa perusahaan atau orang) yang sudah terdaftar sebagai anggota di Bursa Efek Indonesia.

7. Broker

Broker
Broker

Broker adalah sebuah Perusahaan, Institusi, atau orang pialang yang menjadi pihak ketiga antara penjual dan pembeli di Pasar Modal.

Tugas utama seorang broker adalah menghubungkan antara penjual dan pembeli baik secara online maupun offline.

Seorang broker harus terdaftar sebagai anggota di Bursa Efek Indonesia, salah satu broker yang sudah memiliki reputasi yang cukup baik adalah perusahaan Sekuritas.

Memilih broker yang tepat dan terpercaya juga merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia bisnis, jangan samapai kita mengalami kerugian karena salah pilih broker.

 

Kesimpulan

Demikian sekilas informasi tentang Pasar Modal yang dapat kami sampaikan. Masih banyak pelaku Pasar Modal yang lain, namun beberapa hal yang kami informasikan merupakan hal dasar yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan kegiatan di Pasar Modal. Semoga berguna untuk Anda. Selamat berinvestasi!

 

Related Post to Apa itu Pasar Modal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *